Tuesday, June 22, 2010

War of Work


Saya ngga peduli panasnya matahari. Apalagi harus bersusah payah naik kopaja bernomor punggung 66. Angka yang katanya keramat buat si Omen, nama iblis di film horror sekaligus nama hewan peliharaan Dono Warkop, bahkan teman kantor saya lebih senang dipanggil itu ketimbang nama aslinya, Nurman. Sampai detik saya harus menikmati sumpeknya bis kopaja, bahkan sampai saya ternodai, saya ngga peduli kok.
Kebayang aja kalau setipa hari harus memakai seragam hitam kantor bertuliskan border nama perusahaan segede-gede gaban, berwarna pula. Ngga tanggung-tanggu, merah dan kuning! Yes, ini penampilan saya di hari pertama kerja.
Terus-terusan saya bilang dalam hati, saya hanya peduli, saya bekerja cari duit. Buat beli HP baru. HP baru hasil jerih payah sendiri. Ngga lagi pake HP limpahan orang rumah.
“Oke, nilai kamu gaji kamu ini perbulan, udah termasuk uang makan. Ngga ada lembur. Kalo ada lembur, semua karyawan kantor udah pada kaya semua..” jawab HRD datar.
Masya allloohh,, iyee gue terima. Pikir saya dalam hati. Ini Sang HRD menawarkan harga yang cukup menawan bagi lulusan segar seperti saya ini. Ya, menawan. Menawan banget biayanya. Menawan hidup saya cepet abis buat makan, pulsa, ongkir alias ongkos irit. Menawan saya dalam penjara kebangkrutan tiap bulan.
Jangkauan kantor ini nasional. Bahkan ke daerah sekalipun. Antena parabola dan TV kabel pun mendukung eksistensi perusahaan ini. Bangganya minta ampun bisa lolos seleksi. Bangganya minta ampun bisa pakai seragam kebanggaan kantor dengan font besar di bagian belakang. Bangganya bisa langsung kerja. Yess,, mamaakk ... saya kerjaaa!
Kerjanya ngga kenal waktu. Datang jam 9 pagi, bisa aja pulang pukul 9 pagi esoknya.
Saya ikuti kemana pun komando bos berkumandang. Saya ikutin semua kemauan, perintah si atasan. Saya, sebagai asisten. Ngga gampang buat saya untuk menyesuaikan diri. Harus menunggu celah buat menyesuaikan diri! Celah buat menjadi satu bagian dari mereka. Mereka si lingkungan baru. Pikulannya makin berat aja jadi anak baru. Makanya harus sabaaaar banget. Apalagi ketemu sama sang senior yang mengaku udah banyak makan asam garam. Bookkk! Hari gini makan asam garam. Asin bener hidupnya. Hidup mah dibikin seneng, asik, ajeb-ajeb biar makin manteb, lha dia malah makan asam garam bikin keleleb.
Tapi, ternyata tantangan makin susye alias suliiiit selulit bener. Kalau dipikir ya, ini hati kayaknya sabarnya udah melewati level expert di sebuah games. Enaknya jadi senior, mereka bisa mempermainkan batin dan harga diri juniornya. Gampang kok buat menemukan senior di tempat kerja baru kita. Lihat aja orang yang dagunya menenagadah keatas, bicara judes, dan senyum simpul yang sepet-sepet mucem alias muka cemberut.
Saya bisa kok bertahan dengan si pemakan asam garam sebuah kehidupan. Tapi, ngga lama saya kerja, udah ada sesuatu yang bisa kebeli. Harga diri saya. Doa saya terkabul hanya karena alasan saya ngga betah. Tuhan baik banget. Sebuah panggilan baru menjambangi. Mereka menyediakan waktu mereka untuk mewawancara saya. Namun kali ini, jangkauannya lokal. Ibarat sebuah telpon selular, provider yang ini CDMA.
Gedung kantornya aja sederhana. Klasik. Menurut sejarah, ini kantor peradabannya di bangun di awal tahun 60-an, dan gabung sama salah satu mal pertama kali di Jakarta. Sesuailah dengan jangkauan perusahaan. Lokal.
HRD lokal lebih berkarakter. Karakternya tegas. Tegas memberikan saya penawaran naik 100 ribu dari gaji saya sebelumnya. Masya Tuhan,...
Peduli setan. Saya memperhatikan eksistensi perusahaan ini bersamaan dengan perusahaan sebelumnya. Bedaaa bener. Kelas dan taste jauh lebih tinggi. Langsung deh, yang namanya manusia yaa, kalo udah dapet sesuatu yang enak, berasa ngga enak sama yang ”di atas”, langsung deh tuh hari Minggu menyembahnya, kasih kolekte banyak.
Di kantor ini saya bebas berekspresi. Saya betah! Tapiii, 1 tahun kurang 1 minggu, udah dateng lagi deh ”tantangan” lain. Tantangan lagi menghadapi senioritas. Telat amat sih ini senioritas datengnya? Ahh. Lagi-lagi. Saya ngga peduli anyway. Saya cuma focus pada pekerjaan. Saya berhasil. Kali ini, digit bertambah. Ngga cuma 100. Ngga juga 200 bahkan ngga juga 500. 3 kali lipat. Ngga sedikit yang kasih saya selamat. Ngga banyak yang mengernyitkan dahi. Mereka satu level di atas. Gosip selidik punya selidik, mereka si pemakan asam garam, merasa terancam dengan eksistensi saya dengan status baru. Ngga sedikit selentingan buruk saya dengar dari kawanan pekerja. Cibiran sampai isu negatif juga banyak yang saya denger. But, what the hell?!

Merintis kerjaan dari nol, dari bukan apa-apa, bikin saya bisa belajar gimana caranya bikin strategi ”perang” buat mereka yang ngajak saya perang. Bener deh, kerja itu udah kayak di lapangan perang militer. Perangkap dan ranjau dimana-mana. Belom lagi, temen perang sendiri kadang bisa jadi musuh. Saya belajar banyak. Belajar ngga mudah buat percaya sama orang, belajar ngga menilai orang dari penampilan dan senjatanya aja.
Pas banget posisi kerjaan udah settle, adaaa aja yang lempar granat buat kenalan. Mereka ngga segan-segan memperkenalkan diri. Memperkenalkan diri sebagai tanda ucapan selamat datang. Hanya untuk sekadar menyapa. Menyapa dengan senjata andalan. Senjata mereka, politik. From kiss ass to kick ass. Welcome to the real world. Of WORK. Of WAR.. yes, just like Wilhelmina Slater from Ugly Betty said, Being assistant is like in a boot camp, being an editor is a war.

No comments:

Post a Comment